Senin, 04 Mei 2015

Kreativitas dan Keberbakatan


A.Keberbakatan dan Kreativitas

      1.Jelaskan Pengertian Keberbakatan!
      2.Jelaskan Pengertian Kreativitas!
      3.Jelaskan Hubungan Pengertian Keberbakatan dan Kreativitas!

JAWABAN

1.  Keberbakatan adalah Kemampuan intelektual (Kecerdasan) alami yang meliputi seni,matematika,elektronika,sastra,serta berbagai bidang lainnya yang tingkat kemampuannya jauh di atas rata-rata individu sesuainya.

2.    Kreativitas adalah suatu proses yang menghasilkan sesuatu yang baru (inovasi) dan belum pernah ada sebelumnya,biasanya berupa objek konsep atau teori,serta suatu bentuk atau sususan yang baru.

3.  Hubungan pengertian keberbakatan dan kreativitas adalah suatu yang erat kaitannya,tentunya keberbakatan dan kreativitas memiliki keluesan (fleksibel) dan kelancaran dalam menciptakan suatu inovasi yang baru. Keberbakatan mencakup lebih dari satu bidang dengan tingkat kecerdasaan yang tinggi sehingga keberbakatan dapat dengan mudah memunculkan kreativitas dalam menciptakan inovasi.








B.Pembelajaran Anak Berbakat

 1. Sebutkan dan Jelaskan cirri-ciri anak berbakat!
 2. Jelaskan penerapan pembelajaran anak berbakat menurut teori Barbe dan Renzulli!
 3. Jelaskan mengenai kegunaan kurikulum berdiferensiasi dan apa perbedaannya dengan kurikulum yang umum!

JAWABAN

1.     Ciri-ciri anak Berbakat :
Ø  Memiliki ciri khas,biasanya akan tampak saat dirinya sedang bermain bersama temen-teman sebanyanya.
Ø  Memiliki cara belajar yang berbeda,cenderung tidak bisa diam dan aktif terhadap hal-hal baru.
Ø  Gaya bahasa lebih dewasa,lebih cepat menyerap bahasa orang dewasa dan menirukannya.
Ø  Memiliki kosakata yang banyak karena kemampuannya untuk menyerap bahasa lebih cepat,memiliki kosakata yang lebih banyak.
Ø  Memiliki keterampilan yang lebih,memakai baju sendiri,memegang benda dengan posisi yang benar tanpa kesulitan.
Ø  Gemar mengoleksi benda,mengumpulkan benda-benda kesukaannya. Missal : mainan,baju,hiasan.
Ø  Gemar membaca saat usia 1 tahun,akan mampu untuk membedakan gambar yang posisinya terbalik.
Ø  Memiliki kemampuan logika,mudah memahami benda-benda yang besar dan kecil.
Ø  Memiliki daya ingat yang cukup baik,mampu mengingat kejadian yang sudah lama dan mampu untuk mengungkapkannya kembali dengan baik.
Ø  Memiliki rasa ingi tahu yang tinggi,lebih banyak bertanya terhadap apa yang belum dimengerti.
Ø  Pandai bersosialisasi,akan lebih senang untuk bermain dengan teman diatas usianya.
Ø  Memiliki energy yang kuat setiap beraktivitas,dirinya memiliki energy yang kuat. 

2.    Teori Barbe dan Renzulli,Menurut definisi yang dikemukaan Joseph Renzulli (1978),anak berbakat memiliki pengertian, “Anak berbakat merukan satu interaksi diantara tiga sifat dasar manusia yang menyatu ikatan terdiri dari kemampuan umum dengan tingkatannya diatas kemampuan rata-rata,komitmen yang tinggi terhadap tugas dan kreativitas yang tinggi :
Ø  High Potensial Ability (Kecerdasaqan Tinggi) Standard yang ditetapkan untuk anak berbakat oleh Diknas tahun 2013 adalah 140. Kalau hasil tes menunjukan IQ anak mencapai 140 keatas,maka itu otomatis disebut gifted child. Tetapi kemudian muncul pembagian tertentru untuk anak berbakat dilihat dari IQnya. Keberbakatan ringan (IQ 115-129),keberbakatan sedang (IQ 130-144),keberbakatan tinggi (IQ 145 keatas).
Ø  Task Commitment adalah sejauh mana tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas. Tidak hanya tugas dari sekolah tapi juga tugas dirumah. Task Commitment ini mencakup tanggung jawab,motivasi,keuletan,kepercayaan diri,memiliki tujuan yang jelas sebelum melakukan sesuatu dan kemandirian.
Ø  Kreativitas bisa diartikan sebagai kemampuan untuk menciptakan hal-hal baru atau kemampuan untuk membuat kombinasi-kombinasi baru dari yang sudah ada. Kreativitas dapat dinilai dari 4hal,Produk,Pribadi,Proses dan Pencetus/Penghambat. Suatu produk dikatakan kreatif kalau produk itu baru,berbeda dari yang sudah ada,lebih baik dari yang lain dan tentu saja berguna,sifat pribadi kreatif yang lain adalah terbuka pada hal-hal bar,punya rasa ingin tahu yang besar,ulet,mandiri,berani tampil beda,percaya diri dan humoris.
Ø  Anak yang memiliki bakat istimewa sering kali memiliki tahap perkembangan yang tidak serenta. Ia dapat hidup dalam berbagai usia perkembangan,misalnya: anak berusia tiga tahun,jika sedang bermain ia terlihat seperti anak seusianya,tetapi jika sedang membaca ia menampilkan sikap seperti anak berusiA 10 tahun,jika mengerjakan soal matematika ia seperti anak berusia 12 tahun, dan jika bernicara seperti anak berusia 5 tahun.
Ø  Perlu dipahami adalah bahwa anak berbakat umumnya tidak hanya belajar lebih cepat,tetapi juga sering menggunakan cara yang berbeda dari teman-teman seusianya. Hal ini tidak jarang membuat guru disekolah mengalami kewalahan, bahkan sering merasa terganggu dengan anak-anak seperti itu. Disamping itu anak berbakat istimewa biasanya memiliki kemampuan menerima informasi dalam jumlah yang besar sekaligus. Jika ia hanya mendapat sedikit informasi maka ia akan cepat menjadi “kehausan” akan informasi.

3.    Tujuan Kurikulum berdiferensiasi adalah :
Ø  Materi (konten) yang dipercepat atau yang lebih maju.
Ø  Pemahaman yang lebih majemuk dari generalisasi,asas,teori,dan struktur dibidang materi.
Ø  Bekerja dengan konsep dan proses pemikiran yang abstrak.
Ø  Tingkat dan jenis sumber yang digunakan untuk memperoleh informasi dan keterampilan.
Ø Waktu belajar untuk tugas rutin dapat dipercepat,dan waktu untuk mendalami suatu topik atau bidang dapat lebih lama.
Ø  Mencipta informasi dan / atau produk baru.
Ø  Memindahkan pembelajaran kebidang-bidang lain  yang lebih menantang.
Ø  Pengembangan diri pertumbuhan pribadi dalam sikap,perasaan,dan apresiasi.
Ø  Kemandirian dalam berfikir dan belajar.

            Perbedaan kurikulum berdiferensiasi dengan kurikulum umum adalah kurikulum umum biasanya mencakup seluruh aspek serta metode pembelajaran yang tidak mengkhususkan pada suatu aspek atau metode pembelajaran,sedangkan kurikulum berdiferensiasi biasanya mengkhususkan pada suatu aspek  atau metode pembelajaran tertentu sehingga hasil belajarnya biasanya lebih terlatih secara khusus dalam waktu yang singkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar